Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video “Italian Millionaire Terjun dari Bagunan karena Keluarganya Semua Kena Virus Corona”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 04 Apr 2020

Video lama dan tidak kaitannya dengan virus Corona COVID-19. Video yang sudah ada sejak Agustus 2015 itu adalah kejadian ketika seorang wanita Ghana bunuh diri setelah tahu suaminya berselingkuh.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Refrensi

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Akun Bengkel Dinamo Cdi Jatilengger (fb.com/bengkeldinamo.cdijatilengger) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Ternyata uang bukan segalanya,: Italian millionaire terjun Dari bagunan, karena keluarga nya semua kena virus corona sdh mati semua día pun ikut serta sadness”

Sumber: https://perma.cc/WDJ6-JLEQ (Arsip)

HoaksItalianMillionaire1

=====

Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi yang mengklaim video yang diunggah oleh sumber adalah video ketika seorang milyuner Italia terjun dari bangunan karena semua keluarganya terkena virus Corona COVID-19 adalah klaim yang salah.

Video itu adalah video lama dan tidak kaitannya dengan virus Corona COVID-19. Video yang sudah ada sejak Agustus 2015 itu adalah kejadian ketika seorang wanita Ghana bunuh diri dengan cara melompat dari apartemennya setelah tahu suaminya berselingkuh.

Akun Ọmọ Oòdua (fb.com/OduaRere) mengunggah video itu pada tanggal 11 Agustus 2015 dengan klaim bahwa video itu adalah video ketika seorang wanita Ghana melakukan bunuh diri dengan acara melompat dari sebuah gedung 40 lantai setelah mengetahui suaminya berselingkuh dengan ibunya.

“Dapat dipahami bahwa ibu dan suami wanita itu telah berselingkuh selama beberapa waktu dan bahwa hubungan rahasia mereka baru ditemukan ketika sang istri menangkap mereka dalam hubungan seks. Ketika masih berusaha untuk menerima pengkhianatan ganda, wanita itu mengalami penghinaan lebih lanjut ketika dia mengetahui bahwa ibunya benar-benar hamil karena perselingkuhan,” tulis sebuah laporan yang diterbitkan oleh Daily Mail pada 12 Agustus 2015.

Belum ada kepastian dimana tepatnya dugaan bunuh diri wanita itu terjadi. Namun, baik Daily Mail, maupun Inquisitr yang bersumber dari laporan tersebut telah mengklarifikasi tempat apartemen tempat bunuh diri terjadi.

Laporan-laporan ini menyatakan bahwa insiden itu terjadi di Ghana dan polisi setempat telah mengkonfirmasi insiden tersebut.

Sebuah laporan di Inquisitr menyatakan bahwa wanita itu tidak mati karena melompat dari apartemen tetapi menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit, akibat luka parah yang ia derita.

HoaksItalianMillionaire2

HoaksItalianMillionaire3

HoaksItalianMillionaire4

HoaksItalianMillionaire5

HoaksItalianMillionaire

Referensi:

The post [SALAH] Video “Italian millionaire terjun dari bagunan, karena keluarganya semua kena virus corona”appeared first on TurnBackHoax.