Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Warga Jakarta Saling Memberikan Semangat di Balkon Apartemen
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 01 Apr 2020

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI).

Unggahan video melalu Twitter yang mengklaim warga Jakarta yang bernyanyi dan saling memberikan semangat di balkon apartemen tidak benar. Video merupakan warga Malaysia yang sedang mengisi waktu luang di saat lockdown.

=====

Kategori: False Context/Konten Yang Salah

=====

Sumber: Twitter

Hoax Warga Jakarta1

Archive: https://archive.st/rgxo

=====

Narasi:

“This is really sweet. Jakarta gets its singing balcony moment. A song about being home in Indonesia. The performance ends with that now universal phrase 加油jiayou! #COVID2019#CoronaIndonesia”

Terjemahan:

“Ini sangat manis. Jakarta mendapatkan momen bernyanyi di balkon. Lagu tentang berada di rumah di Indonesia. Pertunjukan diakhiri dengan ungkapan yang sekarang menjadi universal加油jiayou! # COVID2019 #CoronaIndonesia”

=====

Penjelasan:

Beredar unggahan video Twitter tentang warga Jakarta yang menyanyi dan memberikan satu sama lain di balkon apartemen. Di video tersebut lagu yang dinyanyikan adalah “Rumah Kita” dari grup musik God Bless kemudian diakhiri dengan teriakan “Jiāyóu” dari warga Jakarta. Video tersebut diunggah di Twitter pada 26 Maret 2020.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah warga Malaysia yang memberikan semangat di saat lock down dengan menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia dan lagu “Saya Anak Malaysia” dari Salim Ibrahim. Video yang diunggah melalui Twitter tersebut sudah disunting dengan menggantikan suara.

Melansir dari therakyatpost.com, video tersebut pertama kali diunggah oleh Shauna Joan melalui Facebook pada 21 Maret 2020. Ia mengatakan bahwa di saat keadaan sulit seperti ini, ia terharu dan merinding melihat semua orang bergabung ikut bernyanyi.

“Sangat mengharukan… Ketika dia mulai dengan lagu-lagu nasional di malam hari, itu membuatku merinding melihat semua orang begitu bersatu dalam masa-masa sulit seperti ini. Kami menjalani kehidupan yang begitu sibuk dengan pintu kami tutup sebagian besar waktu dan tidak benar-benar mengenal tetangga kami, tapi sungguh luar biasa melihat semua orang bergabung” kata Shauna Joan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, unggahan tentang warga Jakarta saling memberikan semangat di balkon apartemen tidak benar. Oleh sebab itu, unggahan tersebut masuk dalam False Context atau Konten Yang Salah.

=====

Referensi:

Hoax Warga Jakarta2

Hoax Warga Jakarta3

Hoax Warga Jakarta4

Hoax Warga Jakarta5

Hoax Warga Jakarta6

The post [SALAH] Warga Jakarta Saling Memberikan Semangat di Balkon Apartemen appeared first on TurnBackHoax.