Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Menaruh Amoxilin Dalam Tandon Air Dapat Menangkal Covid-19
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 31 Mar 2020

Bukan untuk menangkal virus. Amoxicillin adalah obat untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri dan merupakan obat antibiotik golongan penicillin serta tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya tanpa resep dokter karena efeknya adalah munculnya superbakteri, yaitu bakteri yang resisten terhadap antibiotik seperti Amoxilin.

=====

Kategori: Konten Yang Menyesatkan

=====

Sumber: Media Sosial

Archive: http://archive.fo/g8Uul

Hoaks Amoxilin1

=====

Narasi:

(1). Pesen dari Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid, taruh 2 biji obat amoxicillin ke dalam tandon air di rumah, jangan dilogika karena ini yang disampaikan kepada Pak Luhut Binsar Panjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah keprisedenana dan dinas-dinas lain.

(2). Wabah COVID-19, Berikut Ijazah Habib Ja’far Bin Muhammad Al-Kaff Monggo kami menyampaikan pesan beliau Al Habib Ja’far Bin Muhammad Al-Kaff, agar tandon air kita diberi Amoxilin dua butir dengan diawali tawassul Fatihah kepada beliau. Semoga kita semuanya umumnya bangsa Indonesia, diselamatkan dari Wabah COVID-19, tetap iman Islam dan akhir hayat husnul khotimah, Amiin[Sumber : Sya’roni emwece] Contoh redaksi tawassul seperti di bawah ini:

=====

Penjelasan:

Belum lama ini, beredar informasi di media sosial khusunya pesan berantai whatsapp yang mengklaim bahwa obat Amoxicilin dapat mencegah virus corona baru atau Covid-19 dengan meletakkannya dalam tandon air.

Pada pesan yang beredar, disebutkan juga bahwa metode itu merupakan pesan dari Habib Ja’far Muhammad bin Hamid dan cara ini sudah disampaikan kepada pak Luhut Binsar Panjaitan dan sudah diterapkan dirumah kepresidenan.

Setelah ditelusuri, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari, mengatakan, tidak ada keterangan yang jelas soal fungsi tandon air yang dicampur amoxicillin dalam pesan tersebut. Menurutnya, jika memang untuk membunuh virus, harus jelas mekanismenya.

“Yang kedua, amoxcillin ini bukan untuk virus. Nah, sementara amoxicillin itu [obat] antibiotik yang sudah resisten (kebal) terhadap bakteri juga,” ungkapnya kepada kumparan, Minggu (29/3).

Ia menambahkan, logikanya jika memang untuk antibakteri dalam tubuh kemudian supaya daya tahan tubuh meningkat, itu juga kurang tepat. Sebab, lanjut Keri, penggunaan antibiotik ini harus dengan resep dokter. Jika tidak, maka bisa menyebabkan resistensi (kebal).

“Kalau misalkan itu akan digunakan mencegah COVID-19, mekanisme kerjanya bagaimana, apakah membunuh virusnya? Nah jelas enggak karena antibiotik. Atau dia akan katakanlah, meningkatkan daya tahan tubuh, itu juga enggak,” tandasnya.

Dilansir dari hellosehat.com, amoxicillin adalah obat untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Amoxicillin adalah obat antibiotik golongan penicillin.

Obat amoxicillin bekerja menghentikan bakteri berkembang biak dan membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh. Antibiotik ini harus didapatkan dan dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Amoxicillin tidak bisa dibeli secara bebas.

Antibiotik ini hanya mengobati infeksi bakteri. Obat amoxicillin tidak akan bekerja memberantasi infeksi virus, seperti pilek dan flu. Penggunaan antibiotik secara sembarangan atau yang tidak perlu dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

=====

Hoaks Amoxilin2

Hoaks Amoxilin3

Hoaks Amoxilin4

Hoaks Amoxilin5

Hoaks Amoxilin6

=====

Referensi:

The post [SALAH] Menaruh Amoxilin Dalam Tandon Air Dapat Menangkal Covid-19 appeared first on TurnBackHoax.