Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Foto Tweet KPK : “Anggota DPR Dites Corona Malah Positif Korupsi Anjing”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 26 Mar 2020

Tweet palsu. KPK memastikan posting-an tersebut hoaks. Pembuatnya adalah akun yang memang sering membuat tweet-tweet palsu sesuai nama akunnya, Fake Tweets.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Akun Fake Tweets (fb.com/suasuasudotkom) mengunggah sebuah gambar yang seolah adalah postingan akun Twitter resmi milik Komisi Pemberantasan Korupsi (twitter.com/KPK_RI).

Dalam gambar itu, terdapat narasi:

“Anggota dpr dites corona malah positif korupsi anjing”

Tweet ini seolah diunggah pada 23 Maret 2020, pukul 05:12. Terdapat juga tulisan “Fake Tweets retweeted” dan “Twitter for Fake Tweets”

Sumber: https://perma.cc/8538-H4XP (Arsip) – Sudah dibagikan 6.197 kali saat tangkapan layar diambil.

Foto Tweet KPK1

=====

Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim yang seolah adalah tweet dari akun Twitter resmi milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah. Gambar yang memuat tweet itu adalah hasil suntingan atau editan. Tweet yang tertulis juga jelas adalah tweet palsu.

KPK memastikan posting-an tersebut hoaks. Hal ini disampaikan langsung melalui akun Twitter milik KPK (twitter.com/KPK_RI).

“[KLARIFIKASI] Sehubungan dengan beredarnya gambar cuitan dari akun @KPK_RI, kami tegaskan bahwa gambar cuitan tersebut HOAX,” tulis KPK di akun resminya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri juga menegaskan jika unggahan atas nama KPK yang menyebutkan anggota DPR dites Corona malah positif korupsi adalah hoaks.

“Kami pastikan gambar yang beredar itu hoax,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (25/3/2020).

Pada tanggal 23 Maret 2020 Ali memastikan, akun twitter milik KPK, mengunggah tentang Penyesuaian Layanan Publik KPK.

“Kami harap dalam situasi yang sulit ini semua pihak dapat lebih berempati sekaligus bertanggung jawab untuk menjaga diri tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, termasuk membuat dan menyebarkan hoax,” kata Ali.

Hasil penelusuran terhadap laman Fake Tweets tersebut juga menunjukkan bahwa memang akun ini memang sering mengunggah gambar-gambar berisi tweet palsu hasil manipulasi atau editan.

Foto Tweet KPK2

Foto Tweet KPK3

Foto Tweet KPK4

Foto Tweet KPK5

Referensi:

The post [SALAH] Foto tweet KPK : “Anggota dpr dites corona malah positif korupsi anjing” appeared first on TurnBackHoax.