Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] “Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat Tak Patuhi Aturan Pemerintah”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 28 Apr 2020

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI)

Pada artikel sumber tidak ditemukan Gibran menyalahkan rakyat. Diketahui, artikel sebenarnya berasal dari kompas.com yang berjudul “Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai” tayang pada 24 April 2020.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber:

Facebook:

http://archive.vn/2KNuN

Laman Daring:

http://archive.vn/I4H5f

=====

Narasi:

1. “mohon di maafkan kesalahan Kami ya mas.. hingga menyebabkan “Turis” Asal RRC terus berdatangan ke Indonesia, Ekonomi Nyungsep sebelum Virus Corona Merebak pun Kesalahan Kami, Menghilangnya Harun Masiku, Kasus Korupsi Jiwasraya, Asabri, bahkan Dollar Meroket pun kesalahan Kami sebagai Rakyat juga Mas..

tapi Kesalahan Kami paling Fatal adalah di tunda’nya Pilkada serentak, hingga membuat anda gagal berkuasa di Kota Solo sebagai Walikota. sekali lagi Kami memohon maaf, agar tidak ada Dendam di Anatara Kita ya mas..”

2. “Banyaknya warga yang terkena virus corona baru (Covid-19) karena tidak mengikuti aturan pemerintah seperti menghindari kerumunan, tidak mudik lebih dulu.

“Apabila kita semua patuh dengan berbagai anjuran pemerintah dan tenaga ahli, Insya Allah wabah ini segera usai dan aktivitas akan normal kembali,” kata Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dalam sebuah video di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2020).

Kata Gibran, untuk menghindari tersebarnya virus corona, meminta warga yang ada di perantauan tidak mudik dulu.

“Bagi teman-teman yang sedang berada di perantauan mohon menahan diri untuk tidak mudik terlebih dahulu. Karena kita tak tahu, jangan-jangan kita adalah OTG (Orang Tanpa Gejala),” ungkapnya.

Begitu juga apabila mengalami gejala corona, Gibran mengimbau mereka jujur saat diperiksa.

“Maka dari itu, di bulan suci Ramadhan ini mari kita tekan ego masing-masing untuk ikhlas menjalani berbagai imbauan untuk kebaikan bersama,” sambung suami Selvi Ananda.

Di sisi lain, Gibran mengungkapkan, ibadah puasa Ramadhan 1441 H/2020 M sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sebab, ibadah puasa tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi wabah virus corona.

Dia menilai wabah virus corona tersebut adalah ujian bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Namun, esensi dari puasa bukan sekadar menahan haus dan lapar. Tapi kita harus memupuk rasa gotong royong dan kepeduluan terhadap sesama terlebih pada saat ini,” ucap Gibran.”

=====

Penjelasan:

Beredar unggahan Facebook yang membagikan tautan artikel laman daring mengenai Gibran yang menyalahkan rakyat karena tidak patuhi aturan pemerintah menyebabkan virus Corona menyebar.

Berdasarkan hasil penelusuran, laman daring yang dikutip dari unggahan Facebook merupakan artikel yang disadur dari berita kompas.com yang berjudul “Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai” tayang pada 24 April 2020.

Artikel pada laman suaranasional menyalin isi artikel kompas.com namun judul diubah menjadi “Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat Tak Patuhi Aturan Pemerintah”. Selain itu gambar dalam laman suaranasional diubah mengambil dari detik.com pada artikel yang berjudul “NasDem Ungkap Syarat Usung Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution” tayang pada 31 Desember 2019.

Dalam laman suaranasional, tidak ada satu pun pernyataan yang mengatakan bahwa Gibran menyalahkan rakyat karena tidak patuhi aturan pemerintah.

Artikel berisi tentang imbauan Gibran untuk patuh pada aturan pemerintah agar tidak menularkan virus Corona. “Apabila kita semua patuh dengan berbagai anjuran pemerintah dan tenaga ahli, Insya Allah wabah ini segera usai dan aktivitas akan normal kembali,” kata Gibran.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tidak benar informasi tentang Gibran menyalahkan rakyat karena tidak patuhi aturan pemerintah. Oleh sebab itu, informasi tersebut masuk dalam Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

The post [SALAH] “Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat Tak Patuhi Aturan Pemerintah” appeared first on TurnBackHoax.