Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Obat Avigan yang Dipesan Jokowi adalah Obat Pembunuh Janin
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 24 Mar 2020

Hasil Periksa Fakta Riski Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO BSI)

Melalui akun Facebook Soetris’no Love’athlete Lovemira’e mem-posting tangkapan layar pesan berantai dari WhatsApp pada Sabtu, 21 Maret 2020 yang isi narasinya bahwa obat Avigan yang dipesan Jokowi merupakan obat pembunuh janin. Melalui hasil penelusuran informasi tersebut adalah salah. Diketahui bahwa Avigan memang mempunyai efek samping yang berdampak pada kelainan bentuk janin namun bukan membunuh janin. Avigan sendiri tidak dijual bebas dan penggunaanya harus dalam pengawasan dokter atau tim medis.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

Hoax Obat Avigan1

=====

Sumber: Facebook dan WhatsApp

=====

Narasi:

Facebook:

“Orang gila itu bebas cuk jancuuuuuk,,,” unggah akun Facebook Soetris’no Love’athlete Lovemira’e, Sabtu (21/3).

WhatsApp:

“TERNYATA OBAT PEMBUNUH JANIN YANG MAU DIBELI JUTAAN KARTON!!! RAKYAT TENTU BERTANYA, APA SEBENAR NYA NIAT TULUS REZIM PENGUASA????? MAU MENGOBATI, APA KEPENiGIN GENOCIDE/PEMBUNUHAN MASSIVE JUTAAN BAYI INDONESIA PENERUS BANGSA INI????? (ESTEPE)”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Soetris’no Love’athlete Lovemira’e mem-posting tangkapan layar WhatsApp yang menyebutkan bahwa obat yang dipesan Jokowi merupakan obat pembunuh janin, pesan itu juga disertai link artikel milik portal media liputan6.com yang sebelumnya berjudul “Dipesan Jokowi, Avigan Obat Covid-19 Ditolak Korea Selatan”.

Setelah ditelusuri, dalam artikel liputan6.com tersebut tidak ditemukan pernyataan bahwa Avigan merupakan obat pembunuh janin yang seperti disebutkan dalam narasi Whatsapp, pada artikel liputan6.com pun judulnya telah diganti menjadi “Korea Selatan Pilih Remdesivir Sebagai Obat Corona COVID-19”.

Dikutip dari kompas.com, obat Avigan tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, Avigan memberi pengaruh pada bentuk janin, obat ini harus digunakan dengan sangat hati-hati di bawah pengawasan ketat tim medis.

Melalui penelusuran lebih lanjut, melansir dari portal media Jepang themainici.jp, bahwa Avigan memang mempunyai efek samping, hal ini terjadi jika wanita hamil dan pria yang sedang mencoba untuk memiliki anak, mengonsumsi Avigan.

Avigan atau yang mempunyai nama lain Favipiravir sendiri adalah obat antivirus dari Jepang yang dikembangkan oleh perusahaan Fujifilm Toyama Chemical dan diproduksi Zheijang Hisun Pharmaceutical. Avigan awalnya dikonsumsi untuk mengobati flu, namun otoritas medis di China menguji obat ini pada 340 pasien dan terbukti mampu mengurangi waktu pemulihan dan meningkatkan kondisi paru-paru pasien yang terinfeksi COVID-19.

Atas beredarnya informasi yang menyebutkan bahwa obat Avigan yang dipesan Jokowi merupakan obat pembunuh janin adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori Konten yang Salah.

=====

Referensi:

Hoax Obat Avigan2

Hoax Obat Avigan3

Hoax Obat Avigan4

Hoax Obat Avigan5

The post [SALAH] Obat Avigan yang Dipesan Jokowi adalah Obat Pembunuh Janin appeared first on TurnBackHoax.