Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Jokowi Positif Corona
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 20 Mar 2020

Posting-an tangkapan layar yang menyebutkan Presiden Joko Widodo positif terjangkiti virus Corona atau COVID-19 tidak benar. Melalui akun Twitter resminya (@jokowi), Presiden Jokowi mengumumkan dirinya dan istri negatif COVID-19.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

Jokowi Positif Corona

=====

Sumber: Facebook

Archive: https://archive.fo/uXzcr

=====

Narasi:

“Wes…. Berita menggembirakan. Moga nyata agar 270 jt rakyat Indonesia dan Negara tercintanya Selamat dr digadaikanya. Aamiin”

=====

Penjelasan:

Beredar posting-an yang berisikan tangkapan layar perbincangan di WhatsApp. Dalam tangkapan layar tersebut disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo sudah dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Melalui akun Twitternya (@jokowi), Presiden Jokowi sudah mengumumkan dirinya dan istrinya, Iriana Widodo, dinyatakan negatif dari COVID-19.

“Kami sudah menjalani tes deteksi Covid-19. Alhamdulillah, hasilnya negatif,” twit Presiden Jokowi.

Dalam twit tersebut, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk sama-sama mencegah COVID-19 dengan melakukan kegiatan di rumah. “Mari, sama-sama mencegah penyebaran COVID-19 dengan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah,” pungkas Jokowi dalam akun Twitternya.

Berdasarkan hal tersebut, informasi yang menyebutkan Presiden Jokowi sudah positif COVID-19 tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

Jokowi Positif Corona

Jokowi Positif Corona

Jokowi Positif Corona

Jokowi Positif Corona

Jokowi Positif Corona

The post [SALAH] Jokowi Positif Corona appeared first on TurnBackHoax.