Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH]”Ditanya Soal Virus Corona Korlap FPI: Hanya Imam Besar Kami yg Punya Penangkal Virus Corona, Karna Imam Besar Kami Cucu Nabi”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 19 Mar 2020

Hasil Periksa Fakta Dimas Aryalasa Nugroho (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pancasila)

Gambar pada postingan merupakan hasil suntingan. Gambar asli berasal dari instagram Sekretaris Kabinet (@sekretaris.kabinet) yang tayang pada tanggal 4 Mei 2018.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Facebook

Hoax FPI1

Archive: https://archive.fo/FhkhJ

=====

Narasi:

Narasi dalam postingan:

“Mau ketawa tapi takut KADRUN Marah.

wuhahaaa”

Narasi dalam gambar:

”Di tanya soal virus corona korlap FPI: hanya imam besar kami yg punya penangkal virus corona,karna imam besar kami cucu nabi”

=====

Penjelasan:

Beredar gambar yang berisikan narasi ”Ditanya soal virus corona korlap FPI: hanya imam besar kami yg punya penangkal virus corona,karna imam besar kami cucu nabi.” Gambar itu beredar melalui Facebook pada Rabu, 18 Maret 2020.

Melalui hasil penelusuran diketahui bahwa foto tersebut hasil suntingan. Dengan metode Google Reverse Image, pencarian mengarahkan pada artikel di laman grid.id dengan judul ”Presiden Jokowi Tampil Kece Saat Hadiri Rapat Promosi Penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018, Jaketnya Malah Jadi Sorotan!” yang tayang pada 13 Mei 2018. Dalam laman tersebut tercantum sumbernya berasal dari akun Instagram milik Sekretaris Kabinet (@sekretaris.kabinet).

Lalu, melalui hasil penelusuran lebih lanjut, foto tersebut memang berasal dari akun Instagram Sekretaris Kabinet (@sekretaris.kabinet) pada tanggal 4 Mei 2018. Perihal peristiwa dalam foto tersebut, pemberitaannya didapatkan pada laman Setkab.go.id dengan judul “Presiden Jokowi Kembali Tekankan Promosi Asian Games 2018 Terus Digencarkan” yang tayang pada tanggal 4 mei 2018.

Pada pemberitaan tersebut hanya hanya membahas mengenai promosi Asian Games. Berikut kutipan pemberitaanya:

[…]Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya promosi, publikasi, dan marketing dari penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 agar dari waktu ke waktu terus dikerjakan.

“Baik menyasar publik di dalam negeri dan tentu saja target promosi di negara-negara Asia yang menjadi peserta dari Asian Games,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas tentang Promosi Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (4/5) pagi.

Tujuannya, lanjut Presiden, hanya satu agar dalam waktu yang semakin dekat ini Asian Games makin diketahui masyarakat luas.

Sebagaimana diketahui Asian Games XVIII Tahun 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang, pertengahan Agustus mendatang.

Tampak hadir dalam Rapat Terbatas itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Perkonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno LP Marsudi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menristekdikti M Nasir, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri PAN RB Asman Abnur, Jaksa Agung M Prasetyo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian, Ketua INASGOC Erick Thohir, Ketua KONI Tono Suratman.(RSF/DNA/ES)[…]

Berdasarkan penjelasan tersebut maka konten yang tersebar tidak benar. Oleh karena itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzMWAYN-hanya-rizieq-shihab-yang-memiliki-penangkal-virus-korona-hoaks

https://www.grid.id/read/04324050/presiden-jokowi-tampil-kece-saat-hadiri-rapat-promosi-penyelenggaraan-asian-games-xviii-2018-jaketnya-malah-jadi-sorotan?page=all

View this post on Instagram. A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet) on May 3, 2018 at 8:55pm PDT.

https://setkab.go.id/presiden-jokowi-kembali-tekankan-promosi-asian-games-2018-terus-digencarkan/

Hoax FPI2

Hoax FPI3

Hoax FPI4

Hoax FPI5

Hoax FPI6

Hoax FPI7

The post [SALAH]”Di tanya soal virus corona korlap FPI: hanya imam besar kami yg punya penangkal virus corona,karna imam besar kami cucu nabi” appeared first on TurnBackHoax.