Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Mahasiswa UNY Positif Corona
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 17 Mar 2020

Hasil Periksa Fakta Risky Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO BSI)

Tersebar sebuah hasil tangkapan layar yang mengatasnamakan Civitas UNY, dalam tangkapan layar tersebut terdapat narasi yang menyebutkan bahwa Virus Corona sudah masuk ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Menanggapi hal tersebut Rektor UNY, Sutrisna Wibawa melalui akun instagramnya langsung menanggapi bahwa kabar tersebut tidaklah benar.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Refensi.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

=====

Sumber: WhatsApp

Hoax UNY1

=====

Narasi:

[14/3 07:22] Ibu yth. seiring dengan keputusan Rektor untuk mengganti perkuliahan/ KBM dengan on-line mulai Senin, tentunya hal ini juga berdampak pada agenda Dies yang sudah kita susun, terutama untuk kegiatan2 yang mengundang kerumunan. Saya sudah diskusi dengan Pak Rektor, dan besok akan dibicarakan di Rapim. Kita tunggu keputusan beliau2. Jika toh beberapa kegiatan harus batal/ ditunda demi kebaikan, saya kira kita harus ikhlas dan tetap berbesar hati. Matur nuwun. Tetap semangat dan Stay healthy! Wadir II Pasc-UNY

[14/3 07:23] Mbak sampaikannke klas _ kelompok putra .sementara kita steril kampus.mlathn mandiri satu minggu Ini virus Corona sudah masuk UNY 1 orang positif. Hati hati.jangan jabat tangan.jangan cipika cipiki A sapak/ Mbak

[07.24 ]Ngih pak matur suwun infonya

=====

Penjelasan:

Tersebar kabar melalui pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Civitas UNY, dalam tangkapan layar yang tersebar terdapat obrolan (percakapan) di mana dalam narasinya mengatakan bahwa virus Corona sudah masuk UNY dengan salah satu orang yang positif terjangkit Corona, dalam unggahan foto tersebut pengirim juga menyebutkan bahwa karena adanya isu Corona di kampusnya menyebabkan kegiatan perkuliahan dilakukan secara online untuk pencegahan.

Atas beredarnya tangkapan layar tersebut Sutrisna selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta mengklarifikasi berita yang beredar melalui (akun) media sosial Instagram pribadinya (@sutrisna.wibawa) bahwa berita yang beredar luas melalui hasil tangkapan layar WhatsApp tersebut tidak benar.

Bantahan terkait mahasiswa/i positif Corona pun ikut ditegaskan Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerja sama UNY, Setya Budi Takarina, M. Pd, Setya memberikan pernyataan mengenai adanya pesan berantai di sosial media yang menyebutkan seorang mahasiswa UNY dinyatakan positif Corona.

“Itu tidak benar. Tidak ada kasus Corona positif di UNY,” tegas Setya Budi Takarina, Sabtu (14/03/2020).

Adapun keputusan dari Universitas Negeri Yogyakarta untuk meniadakan waktu sesi kuliah tatap muka menjadi online dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), bukan karena terdapat mahasiswa/i yang positif terjangkir virus Corona. Keputusan tersebut diumumkan oleh Rektor UNY Sutrisna Wibawa melalui akun Instagramnya pada Jumat (13/3/2020).

Sutrisna menyebut (mengatakan), instruksi tersebut menanggapi edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/199/2020, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35492/A.A5/HK/2020, tentang Pencegahan Coronavirus Diseases-19.

Selain itu, perkuliahan praktikum di laboratorium, bengkel, atau yang sejenis ditangguhkan. Dan diganti dengan penugasan, atau diselenggarakan pada bulan Juni dan Juli 2020. Terkait pengaturan pelaksanaannya, nanti diserahkan kepada program studi masing-masing dengan catatan selalu menerapkan kewaspadaan dan pencegahan atas penyebaran COVID-19.

=====

Referensi:

http://archive.md/xh4h9 (arsip cadangan)

View this post on Instagram. A post shared by Sutrisna Wibawa (@sutrisna.wibawa) on Mar 13, 2020 at 8:30pm PDT

https://jogja.suara.com/read/2020/03/14/113546/beredar-kabar-mahasiswa-uny-positif-corona-sutrisna-wibawa-tidak-benar

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4938928/cegah-virus-corona-uny-terapkan-kuliah-online-mulai-pekan-depan

Hoax UNY2

Hoax UNY3

Hoax UNY4

The post [SALAH] Mahasiswa UNY Positif Corona appeared first on TurnBackHoax.