Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] “Antisipasi Corona, Seluruh BUMN DKI Ditutup”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 17 Mar 2020

Gambar suntingan/editan. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan bahwa kabar itu merupakan hoaks dengan mengedit tampilan sebuah stasiun televisi swasta yang menayangkan Menteri BUMN Erick Thohir usai meninjau RS Pertamina Jaya di Cempaka Putih.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Refensi.

=====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

=====

Akun Anab Afifi (fb..com/anabafifi) mengunggah sebuah gambar dengan narasi :

“RUPS yang sudah dijadwal pekan depan mungkin ditunda. Tapi invoice kita yang sudah masuk prosesnya mohon jangan ditunda ya boss.”

Di gambar yang diunggah, terdapat tampilan yang seolah tayangan berita dari CNN Indonesia, dengan menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir. Terdapat juga tulisan “ANTISIPASI CORONA, SELURUH BUMN DKI DITUTUP” dan “Erick: Penutupan Berlangsung Selama 2 Minggu”

Sumber: https://perma.cc/D6UY-CZHT (Arsip)

Hoax BUMN1

=====

Penjelasan:

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah beredarnya kabar seluruh BUMN di DKI Jakarta ditutup selama dua pekan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan kabar tersebut merupakan hoaks dengan mengedit tampilan sebuah stasiun televisi swasta yang menayangkan Menteri BUMN Erick Thohir usai meninjau RS Pertamina Jaya di Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (11/3).

Dalam editan tersebut, seolah-olah Erick yang didampingi Dirut Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat sedang berada di balai kota DKI Jakarta.

Judul berita CNN Indonesia juga diedit dari yang aslinya “ANTISIPASI CORONA, SELURUH SEKOLAH DKI DITUTUP” menjadi “ANTISIPASI CORONA, SELURUH BUMN DKI DITUTUP”. Nama Anies pada tulisan bagian bawah juga diganti menjadi Erick.

“Itu gambar hoaks, tidak benar BUMN di DKI ditutup selama dua minggu, itu nggak benar sama sekali, jadi tolong yang membuat hoaks menghentikan hoaks tersebut,” ujar Arya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika di Jakarta, Sabtu (14/3).

CNN Indonesia yang tayangannya diedit juga ikut mengklarifikasi sejumlah informasi palsu yang menggunakan materi tangkapan dari layar CNN Indonesia TV.

Hoax BUMN2

Hoax BUMN3

Hoax BUMN4

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/tv/20200316153341-405-483896/video-waspada-hoaks-pemberitaan-corona

https://republika.co.id/berita/q76wbj430/arya-bantah-hoaks-bumn-di-jakarta-tutup-dua-pekan

https://money.kompas.com/read/2020/03/15/081100226/wabah-corona-staf-khusus-erick-tidak-benar-seluruh-bumn-di-dki-jakarta-ditutup?page=all

The post [SALAH] “Antisipasi Corona, Seluruh BUMN DKI Ditutup” appeared first on TurnBackHoax.