Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video Seorang Ibu dan Dua Anaknya Gantung Diri di Ujung Jaya Sumedang
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 04 May 2020

Video itu merupakan kejadian seorang ibu dan dua anaknya gantung diri di daerah Mslasini, kota Verulam, propinsi KwaZulu-Natal di negara Afrika Selatan pada tanggal 3 Februari 2020.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://www.facebook.com/100014103901821/videos/862272284252894/
Arsip: https://perma.cc/75QL-UX7V
Telah dilihat 1.6K kali dan dibagikan 113 kali saat diarsip.
=====

Narasi:

“kejadian tadi sore di ujung jaya sumedang gara2 locdown 7 hari ga makan karna ga ada yg harus di makan karna patuh sama pmrintahan yg tolol semjak saya ingat pmrintaha yg skarang paling bokbrok bagay mana tanggung jawab jokowi jga antek2 nya corona sudah hilang di besar2 kn oleh orang yahudi dngan mnunggangi corona jg pmrintahan ini”

=====

Penjelasan:

Akun FB Andika (https://www.facebook.com/profile.php?id=100014103901821) mengunggah video yang menampilkan seorang ibu dan dua anaknya yang masih balita tewas gantung diri di Ujung Jaya Sumedang. Dalam narasinya disebutkan bahwa mereka bunuh diri akibat lockdown 7 hari dan kelaparan.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim narasi tersebut tidak benar. Dilansir dari media online Afrika Selatan The Citizen, bahwa itu adalah kejadian yang terjadi di daerah Mslasini, kota Verulam, propinsi KwaZulu-Natal di negara Afrika Selatan pada tanggal 3 Februari 2020.

Penelusuran lebih lanjut, pada media online Afrika Selatan Times Live bahwa dua putri ibu tersebut yang lebih tua, berumur 10 dan 12 tahun, sebelumnya disuruh oleh ibunya untuk berbelanja ke toko. Saat keduanya kembali, mereka menemukan ibu mereka dan dua adik laki-lakinya yang berumur 2 dan 3 tahun sudah tewas tergantung dengan tali yang dibuat dari sprei yang diikatkan pada kerangka atap rumah.

Berdasarkan info dari Wikipedia, kota Verulam yang berpenduduk sekitar 63.000 jiwa didominasi oleh keturunan India. Kota tersebut perlahan berkembang dan dimodernisasi dengan pembangunan infrastruktur yang mencukupi di daerah perkampungannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang menyatakan bahwa seorang ibu dan dua anaknya tewas gantung diri karena kelaparan akibat lockdown 7 hari di Ujung Jaya Sumedang adalah tidak benar, oleh sebab itu konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

  1. https://citizen.co.za/news/south-africa/crime/2236964/suicidal-mother-found-hanged-with-two-infant-sons-in-verulam/ ‘Suicidal’ mother found hanged with two infant sons in Verulam
  2. https://www.timeslive.co.za/news/south-africa/2020-02-03-girls-find-mom-brothers-hanging-from-rafter-in-murder-suicide/ Girls find mom, brothers hanging from rafter in ‘murder-suicide’
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Verulam,_KwaZulu-Natal#Demography Verulam is inhabited mainly by people of Indian descent. The population is over 63,000.

The Post [SALAH] Video seorang ibu dan dua anaknya gantung diri di Ujung Jaya Sumedang appeared first on [TurnBackHoax].