Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] “Aamir Khan Mendonasikan 1kg Tepung dan 15000 Rupee Kepada Warga yang Membutuhkan di Masa Lockdown”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 03 May 2020

Aamir Khan tidak melakukan donasi melalui 1kg tepung dengan uang 15 ribu Rupee di dalamnya. Donasi yang ia lakukan melalui lembaga donasi di India.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Instagram

https://archive.fo/QPtqe

=====

Narasi:

“Aamir Khan mendonasikan masing-masing 1Kg tepung dan 15000 rupee kepada warga yang membutuhkan di masa lockdown ini ????

.

Dia mengirimkan tepung itu dengan truk di pinggir kota New Delhi. Namun, tidak banyak orang yang mengambilnya karena bagi mereka 1 kg tepung tidak berarti bagi kehidupan mereka sehari-hari. Beruntunglah mereka yang mengambilnya karena di dalam tepung tersebut terdapat uang 15000 rupee atau sekitar 3 juta rupiah.

.

I love your golden heart ????❤

.

.

.

#AamirKhan #KiranRao #AamirKhanFansClubIndonesia #AamirKhanIndonesia #LaalSinghChaddha #Artist #Movie #Film #InfiaShowbiz #InfoFilm #IDNTimes #IndozoneMovie #PotonganFilm #CatatanFilm #ZeeBioskop #MVPFilms #BollywoodManiaClubIndonesia #ZonaBollywood #AreaBollywood #DuniaBollywood #FaktaBollywood #BollywoodIndonesia #Bollywood”

=====

Penjelasan:

Akun Instagram @aamirfansindonesia mengunggah foto yang menampilkan aktor Bollywood Aamir Khan disandingkan dengan foto tepung. Dalam narasinya disebutkan bahwa aktor tersebut memberikan donasi di pinggir kota New Delhi dengan cara memasukkan uang sebesar 15 ribu Rupee ke dalam 1kg kantung tepung.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim narasi tersebut tidak benar. Dilansir dari thequint.com, melalui wawancara dengan manajemen Aamir Khan, diketahui bahwa aktor tersebut tidak melakukan donasi semacam itu.

Lalu, melalui hasil penelusuran lebih lanjut, ditemukan pembahasan dalam laman facthunt.in. Berdasarkan hasil penelusuran facthunt.in, diketahui bahwa donasi berupa memasukkan uang sebesar 15 ribu Rupee ke dalam 1kg kantung tepung ditemukan dalam berita di sandesh.com pada 20 April 2020. Dalam pemberitaan tersebut, tidak disebutkan nama Aamir Khan.

Adapun, diketahui bahwa aksi donasi yang dilakukan oleh Aamir Khan ialah melalui beberapa lembaga donasi yang ada di India. Melansir dari hindustantimes.com, Aamir Khan melakukan donasi melalui Prime Minister Narendra Modi’s PM-Cares fund, Maharashtra chief minister’s relief fund, asosiasi pekerja film di India, dan sejumlah NGO.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang menyatakan bahwa Aamir Khan melakukan donasi melalui 1kg kantung tepung berisikan uang sebesar 15 ribu Rupee tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

The post [SALAH] “Aamir Khan Mendonasikan 1kg Tepung dan 15000 Rupee Kepada Warga yang Membutuhkan di Masa Lockdown” appeared first on [TurnBackHoax].