Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Foto Kondisi Pasar Baru Jakarta Ramai PKL di Tengah PSBB
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 15 Mei 2020

Hasil Periksa Fakta Riski Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas BSI).

Bukan di Pasar Baru, Jakarta. Foto tersebut merupakan suasana di Pasar Rakyat Tengah, Pontianak, Kalimantan Barat.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi

=====

Sumber: Twitter

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Narasi:

“Hallooo Gaberner @aniesbaswedan

@DKIJakarta

Saya dapat Foto ini, Mohon di Cek ini Benarkah Kondisinya Pasarbaru Begini.. Toko2 disuruh Tutup tapi Banyak Pedagang Kaki Lima.. Kenapa Koq Begini.. ?

PSBB Ambyaarr…..

Ga Heran kalo di Jakarta Kasus Covid-19 Masih Tinggi..” unggah akun Twitter @Luana_LD, Selasa (12/05).

=====

Penjelasan:

Akun Twitter Luana mengunggah foto kondisi pasar yang ramai di tengah PSBB, akun tersebut mengklaim kondisi itu terjadi di Pasar Baru, Jakarta.

Dari hasil penelusuran, pada Google Maps, Christo Leopold mengunggah foto yang identik pada bulan Mei 2020 (https://bit.ly/3cxXD1l) seperti yang diunggah akun Twitter Luana, foto tersebut merupakan suasana di Pasar Rakyat Tengah, Pontianak, Kalimatan Barat. 

Dilansir dari kompas.com, walaupun tengah diterapkannya PSBB, para pedagang dan pelaku usaha tetap bisa melakukan aktivitas usahanya tapi harus mengikuti ketentuan jam operasional yang berlaku. Hal ini berdasarkan surat Nomor 511.2/311/DKUMP/2020 yaitu mengenai kebijakan berupa pembatasan sementara jam operasional pasar rakyat untuk wilayah kota Pontianak.

Adapun ketentuan yang diputuskan Pemkot Pontianak mengenai jam operasional pasar rakyat yaitu, bagi penjual sembako hanya buka mulai pukul 03.00 WIB dan tutup pukul 11.00 WIB. Sementara pasar yang menjual pakaian, barang kelontong, barang kerajinan dan sejenisnya, buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Atas penjelasan tersebut, foto yang diklaim suasana keramaian di Pasar Baru Jakarta, adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang salah.

=====

Referensi:

The post [SALAH] Foto Kondisi Pasar Baru Jakarta Ramai PKL di Tengah PSBB appeared first on [TurnBackHoax].