Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video “Plandemic”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 10 Mei 2020

Berisi setidaknya 8 klaim salah dan teori konspirasi, diantaranya: asal-usul COVID-19 dan kebohongan tentang pemakaian masker.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi.

=====

Kategori:

Konten yang Menyesatkan.

=====

Sumber:

Page “Cerdas Geopolitik” (facebook.com/cerdasgeopolitik), sudah dibagikan 3.3 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/ZYBnR (arsip cadangan).

=====

Narasi:

“Plandemic

Film dokumenter ini sejak tadi malam dihapus-hapusin sama Yutub, lalu diupload lagi sama netizen, dihapus lagi. Mimin selametin deh, plus kasih terjemahan, buat sobat-sobat pejuang follower fenpej ini.

Isi filmnya dahsyat. Tentang Covid-19. Tonton sendiri.

Saran mimin: sobat-sobat donlot lalu upload di akun masing-masing (jaga-jaga kalau fb ikut-ikutan main hapus video ini).”

=====

Penjelasan:

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan video yang berisi teori konspirasi dengan setidaknya 8 klaim salah mengenai COVID-19.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* POLITIFACT: “Kami memeriksa delapan klaim Mikovits yang paling menyesatkan dari video. Mereka terbentang dari konspirasi tentang asal-usul coronavirus ke kebohongan tentang memakai masker wajah.”

Google Translate, selengkapnya di “Pengecekan Fakta ‘Plandemik’: Sebuah film dokumenter yang penuh dengan teori konspirasi palsu tentang coronavirus” https://bit.ly/3cm3R4p / https://bit.ly/2SQSLg8 (arsip cadangan).

* Liputan6.com: “Klip tersebut, tampaknya merupakan kutipan dari film dokumenter yang akan dirilis pada musim panas ini. Film tersebut membuat sejumlah klaim palsu, tidak terbukti atau menyesatkan, seperti pandemi Coronavirus yang dibuat untuk mengambil keuntungan dari vaksin.”

Selengkapnya di https://bit.ly/3bk6UsL / https://archive.md/dKk7J (arsip cadangan).

=====

Referensi:

Beberapa artikel lainnya yang berkaitan,

  • BBC: “Di antara klaimnya adalah bahwa virus itu pasti telah dilepaskan dari lingkungan laboratorium dan tidak mungkin terjadi secara alami; bahwa menggunakan masker dan sarung tangan sebenarnya membuat orang lebih sakit; dan bahwa menutup pantai adalah “kegilaan” karena “penyembuhan mikroba” di air. Klaim semacam itu tidak didukung oleh saran medis dan ilmiah yang andal.” Google Translate, selengkapnya di “Coronavirus: Video konspirasi virus ‘Plandemic’ menyebar di media sosial” https://bit.ly/2WD3uvI / https://bit.ly/3bl5ONk (arsip cadangan).
  • NPR: “Di dalamnya, pembuat film Mikki Willis melakukan wawancara tidak kritis dengan Judy Mikovits, yang katanya disebut “salah satu ilmuwan paling sukses di generasinya.” Belum pernah mendengar namanya? Kamu tidak sendiri. Dua ilmuwan terkemuka dengan latar belakang dalam penelitian AIDS dan penyakit menular, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena kekhawatiran menghadapi serangan balik di media sosial, mengatakan kepada NPR bahwa mereka tidak tahu siapa dia. Jika Anda mengetahui tentang Mikovits sebelum minggu ini, mungkin untuk dua buku yang dia terbitkan bersama rekan penulisnya Kent Heckenlively, satu di 2017 dan satu lagi bulan lalu. Heckenlively juga telah menulis buku sendiri yang mendukung hubungan yang tidak dipercaya antara autisme dan vaksin. Anda mungkin juga tahu Mikovits untuk peran sentralnya dalam sepasang kontroversi ilmiah. Salah satunya melibatkan sebuah makalah yang ia tulis bersama pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Science, dan yang lainnya menyangkut tuduhan bahwa ia mencuri buku catatan dan laptop dari laboratorium.” Google Translate, selengkapnya di “Terlihat ‘Plandemik’? Kami Mencermati Klaim Video Konspirasi Viral” https://bit.ly/3fyJnYj / https://archive.md/61oIu (arsip cadangan).

 The post [SALAH] Video “Plandemic” appeared first on [TurnBackHoax].