Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] “Arab Saudi mulai tadi malam buka lockdown”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 08 Mei 2020

Disebarkan tanpa menyimak isi video. Masjidil Haram & Masjid Nabawi memang akan dibuka kembali, tetapi TIDAK disebutkan tanggal yang pasti.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi.

=====

Kategori:

Konten yang Menyesatkan.

=====

Sumber:

Akun “Mutmainah Tinah” (facebook.com/mutmainah.tinah), sudah dibagikan 17.916 kali per tangkapan layar dibuat.

=====

Narasi:

“Bintang tsurayya sudah keluar, berarti penyakit sirna, orang2 di mekah bergembira Allahuakbar…. Arab Saudi mulai tadi malam buka lockdown, semoga hal ini bisa berimbas pada negara2 lain, termasuk indonesia…Aamiin…”.

======

Penjelasan:

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* Sumber membagikan video berita mengenai pembukaan kembali Masjidil Haram & Masjid Nabawi tanpa menyimak isi video secara utuh.

* Sumber menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan keliru.


(2) detikNews: “Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memang dikabaran akan dibuka kembali, namun tidak menyebutkan tanggal yang pasti. Sejumlah persiapan dilakukan demi ibadah yang lebih baik dan mencegah terjadinya infeksi virus corona di antara jamaah.”

Selengkapnya di “Arab Saudi Masih Lockdown, Kapan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dibuka?” https://bit.ly/3celhQn / https://archive.md/BlPEe (arsip cadangan).

=====

Referensi:

Beberapa artikel lain yang berkaitan,

  • REPUBLIKA.CO.ID: “Pemerintah Arab Saudi telah membuka dua masjid suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Namun pembukaan ke dua masjid tersebut masih dilakukan secara terbatas atau belum terbuka untuk masyarakat umum. “Sudah terlaksana tapi baru untuk para petugas di kedua Mesjid tersebut. Untuk orang lokal belum boleh,” kata Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi kepada Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (2/5).”Selengkapnya di “Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dibuka Terbatas” https://bit.ly/3dpGpmT / https://archive.md/uVCjl (arsip cadangan).
  • iNews.id: ““Terjemahan pernyataan itu tidak seperti yang banyak beredar karena sedianya ada kata ‘akan dibuka’ setelah urusan pandemi virus corona selesai, dengan menunggu arahan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud,” papar Agus Maftuh.” Selengkapnya di “Kabar Masjidil Haram Dibuka Kembali, Ini Kata Dubes Indonesia untuk Arab Saudi” https://bit.ly/2SLhwKD / https://archive.md/86FWd (arsip cadangan).

 The post [SALAH] “Arab Saudi mulai tadi malam buka lockdown” appeared first on [TurnBackHoax].