Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Peta Sebaran Covid-19 Wilayah Situbondo
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 24 Apr 2020

Beredar sebuah flyer yang berisi informasi terkait dengan peta sebaran virus corona atau Covid-19 wilayah Situbondo. Masyarakat sempat dibuat percaya lantaran peta tersebut memiliki format sama persis dengan yang biasa digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Situdondo. Namun belakangan diketahui peta sebaran Covid-19 tersebut adalah palsu alias hoaks, setelah pihak berwajib berhasil mengamankan pelaku.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

Kategori: Misleading Content

=====

Sumber: Flyer

=====

Penjelasan:

Seorang pemuda diamankan oleh pihak berwajib setelah membuat flyer berisi informasi palsu atau hoaks terkait dengan peta sebaran virus corona atau Covid-19 wilayah Situbondo. Agar terlihat meyakinkan, pelaku turut mencantumkan logo milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo dan menggunakan format serupa.

Melansir dari jatimnow.com, Kapolres Situbondo AKBP Sugandi menjelaskan bahwa Flyer atau selebaran tersebut adalah palsu alias hoaks. Pihaknya hingga saat ini telah mengamankan pelaku untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Setelah dilakukan penelusuran berhasil ditemukan pembuat dan pengunggahnya. Kemudian diamankan karena berita tersebut sudah tersebar sampai keluar wilayah Situbondo,” jelas Sugandi.

Jika melihat unggahan, tentunya data yang dicantumkan pelaku sangatlah jauh berbeda jika dibandingkan dengan data sesungguhnya. Dalam flyer palsunya, pelaku menyebut bahwa positif corona di Situbondo sudah mencapai 883 orang. Melansir dari beritajatim.com, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan pernyataan pers dengan rincian jumlah pasien positif Covid-19 di Jawa Timur. Khofifah merinci, positif Covid-19 di Jatim berjumlah 662 orang, 11 di antaranya dari wilayah Situbondo.

Flyer berisi informasi palsu tersebut mengacu kepada misleading content atau konten yang menyesatkan. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

=====

Referensi:

1

2

3

4

5

6

7

The post [SALAH] Peta Sebaran Covid-19 Wilayah Situbondo appeared first on TurnBackHoax.