Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Wapres: Ikhlaskan Saja Dana Haji Dipakai Pemerintah Agar Kalian Masuk Surga
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 08 Jun 2020

Judul artikel adala suntingan atau editan. Judul Asli dari artikel yang ditayangkan oleh Viva.co.id pada jumat 5 juni 2020 adalah berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: http://archive.fo/4lg7C

======

[NARASI]:

“Dengerin Noh Kalau Simbah Ngomong Buat Yang Punya Dana Haji Dan Ndak Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Ikhlaskan Saja Dana Hajinya Di Pakai Pemerintah Tiket Surga Sudah Kalian Genggam Di Tangan.”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Putra Inka mengunggah tangkapan layar dari artikel media Viva.co.id yang berjudul “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Dipakai Pemerintah Agar Kalian Masuk Surga”. dalam tangkapan layar terlihat artikel tersebut tayang pada jumat, 5 juni 2020 pukul 06.06 WIB.

Hingga hasil periksa fakta ini dibuat, unggahan akun tersebut telah dibagikan sebanyak 160 kali dan direspon oleh 84 pengguna facebook lainnya.

Berdasarkan penelusuran, foto tangkapan layar yang diunggah akun facebook Putra Inka tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. Penelusuran melalui indeks pencarian artikel pada laman resmi Viva.co.id pada tanggal dan jam yang sama ditemukan artikel asli yang berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

======

REFERENSI:

The post [SALAH] Wapres: Ikhlaskan Saja Dana Haji Dipakai Pemerintah Agar Kalian Masuk Surga appeared first on [TurnBackHoax].