Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video “Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini.”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 07 Jul 2020

Video tahun 2019 dan tidak terkait dengan wabah pandemi virus Corona COVID-19. Saat itu, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menghadiri acara peringatan Maulid Nabi pada April 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Beredar video dengan narasi:

“Bagikan ke Group Sahabat Jika Suka Video Ini ya”, “Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini. Subhanallah Aminn”

Salah satu sumber klaim yang menyebarkan video ini adalah akun Topan Topan (fb.com/myname.Topan) yang mengunggah video ini pada tanggal 24 Juni 2020 dengan narasi:

“Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini. Subhanallah Aamiin
Please feel free for share”

Sumber : https://archive.md/7ra9K (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim Raja Thailand dan istrinya bersholawat agar corona hilang dari dunia dan negeri ini adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video tahun 2019 dan tidak terkait dengan wabah pandemi virus Corona COVID-19. Saat itu, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menghadiri acara peringatan Maulid Nabi pada April 2019.

Melalui reverse image, foto identik ditemukan pada situs International Quran Recitation Association (IQRA), iqrabd.org, melalui artikel berjudul “Thai King Maha Vajiralongkorn inaugurated the International Miladunnabi (SAW) Conference” dimuat pada 6 April 2019.

Pada artikel itu dijelaskan, Raja Maha Vajiralongkorn menghadiri sekaligus meresmikan acara peringatan Maulid Nabi tersebut pada 3 April 2019, di Bangkok, Thailand. Konferensi ini juga dihadiri oleh beberapa delegasi negara, termasuk Indonesia.

Peringatan Maulid Nabi sudah tiga tahun terakhir diselenggarakan di kantor pemerintah Bangkok setiap tahunnya. Vajiralongkorn menghadiri acara tersebut untuk menghormati kaum muslim di Thailand Selatan.

Pada video yang beredar, saat seorang ulama berdoa, Raja Thailand Vajiralongkorn ikut menengadahkan tangan, hal itu sebagai tanda penghormatan bagi komunitas muslim di Negeri Gajah Putih.

REFERENSI

The post [SALAH] Video “Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini.” appeared first on [TurnBackHoax].