Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Servis Mobil Gratis “Suzuki Peduli Covid s.id/SuzukiPeduliCovid”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 17 Jun 2020

Informasi tersebut adalah palsu. Pihak Suzuki menegaskan bahwa informasi “Suzuki Peduli Covid” dan juga tautan s.id/SuzukiPeduliCovid tersebut adalah hoaks, serta diduga kuat terdapat unsur penipuan di dalamnya. Masyarakat diimbau tidak mudah percaya dan selalu mengupdate informasi terkait Suzuki di website dan media sosial resmi.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT

===

SUMBER: SITUS dan WHATSAPP

s.id/SuzukiPeduliCovid

===

NARASI:

SUZUKI PEDULI COVID

DAPATKAN PERAWATAN GRATIS MOBIL SUZUKI DI DEALER RESMI

SELAMA MASA PANEMI CORONA

===

PENJELASAN: Beredar sebuah situs mengatasnamakan Suzuki dengan penawaran berupa servis mobil gratis di tengah masa pandemi virus corona atau Covid-19. Informasi tersebut juga disebarkan melalui pesan berantai Whatsapp dengan dibarengi tautan s.id/SuzukiPeduliCovid.

Menanggapi informasi tersebut, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun akhirnya angkat bicara. Melansir darti tirto.id PT SIS menegaskan bahwa program penawaran mengatasnamakan Suzuki dengan tautan s.id/SuzukiPeduliCovid adalah tidak benar alias hoaks. Fakta tersebut diperoleh melalui keterangan resmi yang diberikan oleh PT SIS.

“Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli Covid” berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah pemipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut,” jelas Marine Servive Director PT SIS, Riecky Patrayudha.

Lebih lanjut Riecky menjelaskan bahwa informasi resmi dari setiap program yang ditawarkan oleh Suzuki akan selalu diinformasikan melalui surat resmi kepada semua diler, situs dan media sosial resmi Suzuki Indonesia. Riecky menuturkan bahwa saat ini pihaknya telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

“Untuk itu pada Selasa, kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen tidak tertipu dengan pesan hoaks tersebut,”.

Informasi dan situs yang mengatasnamakan Suzuki tersebut masuk ke dalam kategori imposter content. Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

===

REFERENSI:

  • https://tirto.id/program-servis-mobil-gratis-suzuki-peduli-covid-hoaks-fJiU
  • https://bengkulu.antaranews.com/berita/110204/abaikan-suzuki-peduli-covid-dengan-program-servis-gratis-hoaks
  • https://www.suara.com/otomotif/2020/06/17/140301/waspada-pesan-berantai-soal-servis-gratis-suzuki-cuma-hoaks