Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video Detik-Detik Jembatan Wuhan Runtuh
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 17 Jun 2020

Bukan jembatan, melainkan crane yang jatuh ke jalan. Peristiwa crane jatuh tersebut terjadi pada 9 Juni 2020 di di Wuhan Yangtze Centre pukul 9.30 waktu setempat.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/8xpkZ

=====

Narasi:

“Ngeri…Detik..detik Jembatan Wuchan..Wuhan Runtuh tadi pagi.

Di Negerinya Sendiri aja runtuh, apalagi di negeri orang nantinya ?

Kwalitasnya Bagaimana ?

=====

Penjelasan:

Beredar video yang diklaim sebagai detik-detik jembatan di Wuhan runtuh. Dalam video menampilkan beberapa cuplikan terkait dampak jatuhnya jembatan.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim runtuhnya jembatan tidak tepat. Sebab, diketahui bahwa peristiwa dalam video bukan runtuhnya jembatan, melainkan jatuhnya crane di Wuhan. Dilansir dari dailymail.co.uk, kejadian jatuhnya crane tersebut terjadi pada Selasa, 9 Juni 2020 di Wuhan Yangtze Centre pukul 9.30 waktu setempat. Wuhan Yangtze Centre merupakan proyek komersial di Wuhan yang dimulai lebih dari dua bulan lalu.

Atas peristiwa jatuhnya crane tersebut, dua warga luka-luka dan dirawat di rumah sakit. Kondisi korban dalam kondisi stabil.

Kecelakaan tersebut terjadi saat crane mengangkat material baja, jenis konstruksi yang digunakan untuk bangunan tinggi. Penyebab kecelakaan tersebut masih belum diketahui.

Adapun, crane adalah jenis mesin, umumnya dilengkapi dengan tali pengangkat, tali atau rantai kawat, dan berkas gandum, yang dapat digunakan untuk mengangkat dan menurunkan bahan dan memindahkannya secara horizontal. Ini terutama digunakan untuk mengangkat barang-barang berat dan mengangkutnya ke tempat lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka video yang beredar bukan video jatuhnya jembatan, melainkan jatuhnya crane di Wuhan. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

The post [SALAH] Video Detik-Detik Jembatan Wuhan Runtuh appeared first on [TurnBackHoax].