Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Video Rapat Program Buka Puasa DKI Jakarta Tahun Ini
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 16 Apr 2020

Video yang beredar merupakan video rapat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 25 April 2018. Konteks dalam video tidak terkait dengan kondisi epidemi virus Corona atau wabah COVID-19.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

1

2

Archive:
https://archive.vn/OBaSF
https://archive.fo/u8RF2

=====

Narasi:

  1. “Marhaban ya Ramadhan…..

Kejadian paling langka dalam sejarah (Unusual), yang dilakukan pada saat epidemi….

Napak Tilas kesulitan yang dialami kaum muslimin di Jaman Rasulullah di berbagai medan kondisi pada saat Shaum….

STRATEGI CEMERLANG ditawarkan untuk BUKA PUASA TAHUN ini, silahkan disimak videonya…..(Tidak perlu kumpul (buka puasa bersama), tapi memberikan bingkisan kepada yang kurang mampu)

Semoga Allah SWT selalu memberkahimu, keluarga, dan jajaran pemprov DKI bang Anies Baswedan”

  1. “Sungguh mulia hatimu sampai buka puasa engkau pikirkan untuk masyarakat tidak mampu…aku iri Jakarta punya Gupernur semulia hatimu..seandainya daerah daerah lain mengikuti langkahmu alangkah guyup rukun dan bahagia serta bersyukurnya masyarakat yg kurang mampu bisa ikut merasakan buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan, sungguh indah Agamaku …. semoga dlm menyambut datangnya bulan Ramadhan hubungan dgn Allah dan sesama menjadi lbh baik bagi kita….

Apresiasi kinerja Anies menangani covid-19.

-#AniesKeren
-#StayAtHome
-#Lockdown
-#RamadhanDatangCoronaHilang”

=====

Penjelasan:

Beredar video yang diklaim sebagai rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengadakan program buka puasa di masa epidemi virus Corona atau Wabah COVID-19. Dalam video itu terlihat suasana rapat yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa video rapat tersebut merupakan video lama. Hal tersebut diketahui merupakan hasil suntingan dari video berjudul “25 Apr 2018 Rapimtas Bag 3/3 – Persiapan Memasuki Bulan Ramadhan” di kanal Youtube “PEMPROV DKI JAKARTA.”

Pada tahun 2018, Pemerintah Provinsi DKI memang mengadakan program buka puasa untuk warga miskin. Program itu ditujukan kepada warga miskin di 223 RW se-DKI Jakarta.

Program buka puasa bersama warga miskin yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kala itu dilakukan selama 20 hari pertama bulan Ramadan. Berikut beberapa kutipan pemberitaan terkait program tersebut:

Tirto.id:

[…] Pemprov DKI Siapkan Buka Puasa Bersama Warga Miskin di 223 RW

tirto.id – Pada bulan Ramadhan 1439 hijriah, Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar buka puasa bersama warga Jakarta yang kurang mampu.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pihaknya sudah mendata 223 RW di DKI Jakarta yang masuk kategori miskin untuk mempersiapkan kegiatan buka puasa bersama tersebut.

“Kita buat kolaborasi, saya kemarin instruksikan dimulai dari 223 RW yang masuk kategori miskin, jadi nanti di RW yang masuk kategori ini kita akan lakukan penyiapan buka puasa ke sana dan kita melibatkan juga pihak-pihak masyarakat, nah ini lagi ditata semuanya,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, pada Jumat(11/5/2018).

Anies menambahkan masyarakat juga bisa membantu dalam pelaksanaan buka puasa bersama dengan warga Jakarta yang kurang mampu. Menurut dia, hal ini sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menggelar kegiatan di bulan Ramadhan tahun ini.

“Nanti kegiatannya pasti akan diumumkan supaya masyarakat bisa terlibat. Saya sampaikan kemarin bahwa kita tidak usah memonopoli semuanya tinggal cukup umumkan tempat-tempatnya supaya bisa terlibat nanti penyediaannya bisa disana itu yah,” kata Anies.

Dia menjelaskan kegiatan seperti ini digelar karena selama ini buka puasa bersama selalu identik dengan kegiatan berbuka bareng para tokoh.

“Selama ini seringkali kalau mengadakan buka puasa bersama tokoh, sementara banyak warga miskin di Jakarta yang dalam kenyataannya di saat buka puasa justru dalam kondisi lapar. Karena itu kita harus memikirkan mereka-mereka yang menjalankan puasa di saat secara ekonomi amat lemah. Jadi saya siapkan untuk mereka bisa buka puasa bersama,” kata Anies. […]

Liputan6.com:

[…] Pemprov DKI Sediakan Buka Puasa Gratis di 223 RW

Liputan6.com, Jakarta – Pemprov DKI bersama Dompet Duafa dan Aksi Cepat Tanggap akan menyediakan buka puasa gratis di 223 RW di Jakarta.

“Setiap hari selama satu bulan (ramadan),” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Anies menyatakan, dia tak ingin ada warga yang merasakan kelaparan. Menurutnya ada sekitar 220 RW dengan warga yang miskin, oleh karena itu bukber akan dilaksanakan terlebih dahulu di RW tersebut.

“Kita tidak ingin ada warga lapar di ibu Kota. Mulai sekarang di bulan puasa menyiapkan buka puasa bagi semua. Dan sekarang dimulai dari RW yang masuk kategori padat, masyarakatnya mayoritas miskin dan jumlahnya kira-kira lebih dari 220 RW,” kata Anies Baswedan.

Nantinya, warga yang mampu bisa ikut membantu dengan mengirimkan makanan atau uang. Anies Baswedan berharap kegiatan itu dapat ditiru daerah lain.

“Dan mudah-mudahan kalau kita bisa laksanakan di ibu Kota, di tempat-tempat lain pun mengikutinya,” imbuhnya. […]

Cnnindonesia.com:

[…] Pemprov DKI Jakarta Siapkan Bukber di 223 RW Selama Ramadan

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan makanan atau hidangan buka puasa bersama (bukber) untuk 223 RW di Jakarta selama bulan Ramadan 1439 hijriah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyediaan hidangan buka puasa itu didasari kondisi ketimpangan di Jakarta.

“Di satu sisi restoran-restoran penuh, sudah booked satu bulan, sisi lain kampung-kampung ada yang lengang karena buka puasa yang terbatas,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/5).

Anies menyatakan ratusan RW yang akan disiapkan hidangan buka puasa bersama itu adalah di wilayah-wilayah yang masuk kategori padat dan masyarakatnya mayoritas miskin.

“Kita tidak ingin ada warga yang merasakan lapar di ibu kota,” ujar mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Nantinya, kata Anies setiap RW akan mendapat sekitar 400 paket hidangan untuk buka puasa bersama. Namun, sambungnya, jumlah tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing RW.

“Dari pembicaraan yang sudah dilakukan selama ini, sudah terkumpul jumlah RW-nya, sudah diketahui kira-kira kebutuhannya, saya harap nanti ini bisa dikelola dengan baik,” tuturnya.

Dalam program itu, Pemprov DKI Jakarta menggandeng Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dompet Dhuafa akan mengoordinasi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sementara ACT di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

Tahun Uji Coba

Anies menyampaikan untuk Ramadan pada tahun ini memang baru mengadakan buka bersama untuk sebagian wilayah DKI Jakarta. Hal itu, kata Anies juga sebagai langkah uji coba. Harapannya, lanjut Anies akan ada lebih banyak wilayah yang ikut serta pada ramadan di masa mendatang.

Lebih lanjut, Anies pun meminta kepada para walikota untuk menjadikan program buka puasa bersama tersebut sebagai pilot project guna mendorong seluruh jajaran lebih intens dalam bekerja sama dengan masyarakat.

“Kita manfaatkan momen ini dan kami membayangkan ke depan nanti, interaksi yang muncul harus diteruskan, saya tahu persis para lurah, camat sudah berinteraksi dengan warga,” kata Anies.

Kementerian Agama RI telah mengumumkan penetapan awal Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5). Pengumuman itu disampaikan setelah sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (15/5). […]

Berdasarkan penjelasan tersebut, video yang telah beredar bukan terjadi di tahun 2020, melainkan tahun 2018. Adapun, program buka puasa tersebut tidak terkait dengan COVID-19. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

3

4

5

6

7

The post [SALAH] Video Rapat Program Buka Puasa DKI Jakarta Tahun Ini appeared first on TurnBackHoax.