Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Dampak PSBB, Pegawai PELNI Dibegal di Jakarta Utara
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 12 Apr 2020

Hasil Periksa Fakta Helmi Fadillah Dwi Putra (Anggota Komisariat MAFINDO IISIP)

Beredar video pada akun Facebook Eman Luan Alas, menampilkan tayangan pria bersimbah darah di pinggir trotoar arah Artha Gading Jakarta Utara tidak benar. Faktanya Klarifikasi dari Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, bahwa pria bersimbah darah tersebut akibat kecelakaan lalu lintas.

=====

Kategori: Misleading Content

=====

Sumber: Facebook

1

=====

NARASI:

“PSBB DIBERLAKUKAN DI JAKARTA,BEGAL & JAMBRET BERKELIARAN

SECURITY PELNI HAMPIR TERBEGAL & SPG DIJAMBRET..PL”

=====

Penjelasan:

Beredar video pada akun Facebook Eman Luan Lubis diunggah pada 11 April 2020. Dalam narasinya akibat pemberlakuan PSBB di Jakarta, akibatnya menjadi momentum tindakan kriminal. Dalam tayangan video tersebut menampilkan seorang pria berseragam yang diketahui sebagai security dari PELNI bersimbah darah akibat dibegal orang yang tidak dikenal. “Hati-hati aja ya mau lewat Artha Gading mau arah Cempaka Mas, ini lagi banyak begal nih. Ini aja jam segini udah ada yang mau dibegal, mau disalip, sekuriti Pelni.” ujar salah seorang dalam video itu.

Setelah ditelusuri dengan mesin pencari, pemberitaan dari merdeka.com diterbitkan 12 April 2020 dengan judul “Polisi Pastikan Pengendara Bersimbah Darah karena Dibegal di Jakut Hoaks.”

Dalam narasinya menurut Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, bahwa video yang tersebar di media sosial pria bersimbah darah bukan akibat korban pembegalan, informasi tersebut tidak benar, melainkan akibat kecelakaan lalu lintas. Diketahui bahwa pria yang berseragam tersebut juga bukan dari security PELNI, melainkan security dari salah satu perusahaan di Tanjung Priok.

Penelusuran berikutnya dengam mesin pencari, ditemukan dari akun Instagram @lintas.patroli mengklarifikasi dalam unggahannya “Terkonfirmasi Hoax Video pembegalan Security PELNI di

Arta gading arah Cempaka putih Jakarta, Jumat, 10 April 2020.

Thxs Pantulanya bang @vin_thebadboy.dtt sangat dibutuhkan sekali bagi mimin dan netizen informasinya yang sebenarnya ????????”

Penelusuran berikutnya terkait beredar kejahatan saat PSBB, pemberitaan dari voi.id diterbitkan 8 April 2020 berjudul “Polda Metro Jaya Buka Strategi Terkait Pengamanan PSBB.”

Dalam narasinya dijelaskan bahwa selama masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang mulai berlaku pada Jumat, 10 April, skema pengamanan pun sudah mulai disiapkan. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah melakukan patroli rutin di titik-titik rawan tindak kejahatan jalanan, seperti pencurian dan sebagainya.

Berdasarkan data Laporan Polisi (LP) per bulan Maret 2020, tingkat kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya menurun cukup drastis. Data tersebut pun merupakan perbandingan data di bulan dan tahun sebelumnya.

Hasil penelusuran video yang beredar di Facebook dan media sosial terkait pembegalan yang terjadi di wilayah Jakarta Utara merupakan tidak benar, faktanya pria bersimbah darah pada video tersebut akibat dari kecelakaan lalu lintas. Dari Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan pengamanan selama PSBB. Maka video tersebut masuk kategori Misleading Content atau informasi menyesatkan.

=====

Referensi:

2

3

4

5

6

7

The post [SALAH] Dampak PSBB, Pegawai PELNI Dibegal di Jakarta Utara appeared first on TurnBackHoax.