Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] “Apabila ada masyarakat tidak mampu makan, dapat menghubungi nomor pengaduan Bansos Covid19 Kemensos”
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 29 Apr 2020

Kemensos tidak melayani pendaftaran penerima bantuan sosial melalui layanan aduan tersebut. Nomor tersebut disediakan apabila masyarakat menemukan masalah terkait bantuan sosial seperti salah sasaran, penyelewengan, pungli, dll.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi
=====
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=====

Akun Kang Jo Wisesa (fb.com/JojoSubud) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Nomor Bantuan Sosial Kementerian Sosial
Apabila ada masyarakat Indonesia yang tidak mampu makan akibat terdampak Covid-19, dapat langsung menghubungi nomor Hp./WA pengaduan Bansos Covid19 :
0811-10-222-10
Yuk bantu sebarluaskan & digunakan sebagaimana mestinya & hanya untuk yang berhak saja.
Kalau ada disekitar anda ada masyarakat yg kekurangan Mohon dibantu
Sumber : kemsos.go.id”

Sumber : http://archive.fo/k1sX9 (Arsip)

=====

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa apabila ada masyarakat Indonesia yang tidak mampu makan akibat terdampak Covid-19, dapat langsung menghubungi nomor Hp./WA pengaduan Bansos Covid19 : 0811-10-222-10 adalah klaim yang salah.

Kementerian Sosial (Kemensos) tidak melayani pendaftaran penerima bantuan sosial melalui layanan aduan tersebut. Nomor tersebut disediakan apabila masyarakat menemukan masalah terkait bantuan sosial seperti salah sasaran, penyelewengan, pungli, dll.

Hal ini berdasarkan klarifikasi yang diunggah di akun Instagram resmi milik Kemensos pada 27 April 2020. Unggahan tersebut berupa gambar yang sama dengan gambar yang diunggah oleh sumber klaim, namun di unggah akun Kemensos, gambar tersebut diberi tulisan “DISINFORMASI”.

Berikut isi klarfikasi lengkapnya:

“Beredar poster di media sosial berlogo Kementerian Sosial yang berisi bahwa masyarakat yang tidak mampu makan akibat terdampak #COVID19 dapat menghubungi nomor aduan Bansos #COVID19

Faktanya, memang benar @kemensosri membuka layanan aduan bantuan sosial penanganan #COVID19 dengan nomor 08111022210

Namun, kami tidak melayani pendaftaran penerima bantuan sosial melalui layanan aduan tersebut. Nomor tersebut disediakan apabila masyarakat menemukan masalah terkait bantuan sosial seperti salah sasaran, penyelewengan, pungli, dll, masyarakat dapat membantu mengirimkan aduan, dengan format :
Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat (spasi) Aduan

#KemensosHadir #COVID19 #BansosLawanCovid19 #BersamaLawanHoax”

Referensi:

The post [SALAH] “Apabila ada masyarakat tidak mampu makan, dapat menghubungi nomor pengaduan Bansos Covid19 Kemensos” appeared first on [TurnBackHoax].