Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Corona Jihad: Seorang Pedagang Sengaja Meludahi Bungkus Makanan
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 07 Apr 2020

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI)

Video tersebut tidak terkait dengan virus Corona atau wabah COVID-19. Video serupa pernah tayang di Youtube pada April 2019 sebelum wabah COVID-19 berlangsung.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten Yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

Corona Jihad

Archive: http://archive.vn/rX9E2

=====

Narasi:

“Corona jihad

This guy is spitting into the food he’s packing for you.”

Terjemahan:

“Corona jihad

Orang ini meludah ke makanan yang dia bungkus untukmu.”

=====

Penjelasan:

Beredar unggahan video melalui Facebook mengenai seorang pedagang sengaja meludahi makanan yang sedang dia bungkus. Unggahan video menyebutkan aksi tersebut dengan judul “Corona Jihad.”

Berdasarkan hasil penelusuran, melalui pencarian reverse image yandex.com, video yang diunggah Facebook tersebut sudah pernah tayang di YouTube pada 26 April 2019 berjudul “Viral!! MenjijikKan..Cara kedai mamak bungkus papadem” yang diunggah oleh akun “Yusuf Studio”.

Dalam penelusuran lain, melansir dari thequint.com, artikel tersebut merujuk ke laman feedme.com.my dengan artikel yang berjudul “Watch: Mamak Staff Blows Air and Saliva into Papadum Bags, Enrages Netizens” (terjemahan: “Tonton: Staf Mamak Meniupkan Udara dan Air Liur ke dalam bungkusan berisi Papadum, Memicu amarah Netizens”) terbit pada 1 Mei 2019.

Unggahan video Facebook tersebut sudah pernah tayang di YouTube pada 26 April 2019 dan sudah pernah dibahas pada 1 Mei 2019 dalam artikel laman feedme.com.my, dan membuktikan bahwa video Facebook itu tidak ada kaitannya dengan virus Corona, bahkan pada April 2019 virus Corona belum terjadi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, video Facebook mengenai seorang pedagang yang sengaja meludahi bungkus makanan tidak ada kaitannya dengan virus Corona. Oleh sebab itu, video masuk dalam Misleading Content atau Konten Yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

Corona Jihad

Corona Jihad

Corona Jihad

Corona Jihad

The post [SALAH] Corona Jihad: Seorang Pedagang Sengaja Meludahi Bungkus Makanan appeared first on TurnBackHoax.