Gugus Tugas Pencegahan Corona

KABUPATEN LANGKAT
Posko Covid-19: Dinas Kesehatan Kab. Langkat 
[SALAH] Akhirnya Ketangkap Juga Biang Penyebar Virus Corona dan Agen TKA China Ini
Rilis ini terbit di covid19.go.id pada: 29 Apr 2020

Bukan foto Ahok. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dengan menggabungkan dua foto yang berbeda. Foto orang yang sedang diamankan pihak kepolisian ditemukan pada artikel milik merdeka.com yang berjudul “Densus 88 amankan 3 psitol, bom dan ratusan peluru di Bandung” yang tayang pada 8 mei 2013. sedangkan foto wajah Ahok ditemukan pada artikel medcom.id yang berjudul “Ahok: Saya Dendam Luar Biasa pada PAM” yang tayang pada 8 oktober 2014.

=====

[Kategori]: Konten Yang Dimanipulasi

=====

 

=====

[Narasi]:

Akhirnya ketangkap jg biang penyebar virus corona & agent TKA CHINA ini…

=====

[Penjelasan]:

Akun facebook bernama Angkringan Bajak Laut mengunggah sebuah foto disertai narasi ke dalam grup Anies Baswedan For President 2024 pada selasa, 28/04/2020.

Dalam foto unggahan tersebut terlihat sesosok pria mirip Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sedang diamankan oleh pihak kepolisian. Selain itu terdapat narasi “Akhirnya ketangkap jg biang penyebar virus corona & agent TKA CHINA ini…” disertai emoticon tertawa. Hingga saat ini, postingan tersebut telah di share sebanyak 1.026 orang di jejaring facebook.

Setelah ditelusuri, foto tersebut adalah hasil suntingan atau editan dari dua foto yang berbeda. Untuk foto pertama dimana seorang pria diamankan pihak kepolisian, ditemukan foto identik pada artikel milik merdeka.com yang berjudul “Densus 88 amankan 3 psitol, bom dan ratusan peluru di Bandung” yang tayang pada 8 mei 2013, hasil foto dari wartawan merdeka.com, Arie Basuki.

Sedangkan foto wajah Ahok ditemukan pada artikel milik medcom.id yang berjudul “Ahok: Saya Dendam Luar Biasa pada PAM” yang tayang pada 08 oktober 2014, hasil foto dari wartawan Media Indonesia, Ramdani.

Berdasarkan fakta diatas, unggahan dari akun facebook Angkringan Bajak Laut masuk kedalam kategori Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

The post [SALAH] Akhirnya Ketangkap Juga Biang Penyebar Virus Corona dan Agen TKA China Ini appeared first on TurnBackHoax.